PMM - PENCEMARAN MAKANAN OLEH PARASIT



PENYEHATAN  MAKANAN  DAN  MINUMAN 
PENCEMARAN  MAKANAN  OLEH  PARASIT


OLEH

Nama                                  : Vio Ardilles Putra Brahmana
NIM                                    : P00933011099
Tingkat/Semester             : II-B/III
Program                             : Reguler-B
Dosen Pembimbing          : Irma Erlina, SKM





Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan
Jurusan Kesehatan Lingkungan Kabanjahe 2013/2014



PENCEMARAN  PARASIT
PADA  MAKANAN
          Pencemaran makanan dapat terjadi karena mikroorganisme yang disebut kontaminasi biologi. Kontaminasi biologis merupakan organisme yang hidup dan menimbulkan kontaminan makanan. Organisme hidup yang sering menjadi kontaminan atau pencemar bervariasi mulai yang berukuran besar seperti serangga, sampai yang amat kecil seperti mikroorganisme. Mikroorganisme adalah bahan pencemar yang harus diwaspadai, karena keberadaannya di dalam makanan sering tidak disadari, sampai menimbulkan akibat-akibat yang tidak diinginkan, misalnya kerusakan makanan atau keracunan makanan.
Jenis mikroorganisme yang sering menyebabkan pencemaran makanan adalah
               Ø  Bakteri (Clostridium perfringens, Streptokoki fecal, Salmonella),
               Ø  Fungi (Aspergillius, Penicillium, Fusarium),
               Ø  Parasit (Entamoeba histolytica, Taenia saginata, Trichinella spiralis, dan
               Ø  Virus (virus hepatitis A/HAV).
Parasit yang mencemari makanan:

     
          Amebiasis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit Entamoeba histolytica. Hal ini dapat menyerang siapa saja, meskipun lebih umum pada orang yang tinggal di daerah tropis dengan kondisi sanitasi yang buruk. Diagnosis dapat menjadi sulit karena parasit lain dapat terlihat sangat mirip dengan E. histolytica bila dilihat di bawah mikroskop. Orang yang terinfeksi tidak selalu sakit. Jika dokter Anda menentukan bahwa Anda terinfeksi maka perlu perawatan, pengobatan yang tersedia.

      v Taenia Saginata\Taenia Solium\Taenia asiatica
Taeniasis pada manusia adalah infeksi parasit yang disebabkan oleh cacing pita Taenia saginata spesies (cacing pita sapi), Taenia solium (cacing pita babi), dan Taenia asiatica (Asian cacing pita). Manusia dapat terinfeksi cacing pita ini dengan makan daging mentah atau kurang matang (T. saginata) atau babi (T. solium dan T. asiatica). Orang dengan taeniasis mungkin tidak tahu bahwa mereka memiliki infeksi cacing pita karena gejala biasanya ringan atau bahkan tidak ada.
      
      v Trichinella Spiralis
Trichinellosis, juga disebut cacingan, adalah penyakit yang orang bisa mengonsumsi daging mentah atau setengah matang dari hewan yang terinfeksi dengan parasit mikroskopis Trichinella.
      v Ascaris Lumbricoides
          Parasit yang sering ditemukan pada sayuran adalah Ascaris lumbricoides. Manusia yang terinfeksi Ascaris lumbricoides apabila menelan larva ataupun telur yang masih infektif yang kemudian menetas didalam usus halus manusia. Larva yang menembus dinding usus halus akan menuju ke pembuluh darah limfe, lalu dialirkan ke jantung, kemudian mengikuti aliran darah ke paru-paru. Larva di paru menembus dinding pembuluh darah, lalu dinding alveolus, masuk rongga alveolus, kemudian naik ke trachea melalui bronkiolus dan bronkus. Larva dari trachea menuju ke faring. sehingga menimbulkan berbagai rangsangan pada faring yang akan menuju ke esofagus lalu menuju ke usus halus. 

      v Giardia Intestinalis
          Giardia adalah parasit mikroskopis yang menyebabkan penyakit diare yang dikenal sebagai giardiasis. Giardia (juga dikenal sebagai Giardia intestinalis, Giardia lamblia, atau Giardia duodenalis) ditemukan pada permukaan atau di dalam tanah, makanan, atau air yang telah terkontaminasi dengan kotoran (kotoran) dari manusia atau hewan yang terinfeksi.
Giardia dilindungi oleh cangkang luar yang memungkinkan untuk bertahan hidup di luar tubuh untuk jangka waktu yang lama dan membuatnya toleran terhadap klorin desinfeksi. Sementara parasit dapat menyebar dengan cara yang berbeda, air (air minum dan rekreasi air) adalah metode yang paling umum penularan. 

      v Cryptosporidium spp
Cryptosporidium adalah parasit mikroskopis yang menyebabkan penyakit diare. Parasit dan penyakit yang umum dikenal sebagai "Crypto."
Ada banyak spesies Cryptosporidium yang menginfeksi manusia dan hewan. Parasit dilindungi oleh cangkang luar yang memungkinkan untuk bertahan hidup di luar tubuh untuk jangka waktu yang lama dan membuatnya sangat toleran terhadap klorin desinfeksi.
Sementara parasit ini dapat menyebar dalam beberapa cara berbeda, air (air minum dan rekreasi air) adalah metode yang paling umum penularan. Cryptosporidium adalah salah satu penyebab paling sering penyakit ditularkan melalui air di antara manusia di Amerika Serikat. 

Cyclosporiasis adalah penyakit usus yang disebabkan oleh parasit mikroskopis Cyclospora cayetanensis.
Orang dapat terinfeksi Cyclospora dengan mengkonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi dengan parasit. Masyarakat yang tinggal atau melakukan perjalanan di negara-negara dimana cyclosporiasis endemik mungkin pada peningkatan risiko infeksi. 

      v Anisakis spp
          Anisakiasis adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh nematoda anisakid (cacing) yang dapat menyerang dinding lambung atau usus manusia. Penularan penyakit ini terjadi ketika larva infektif yang tertelan dari ikan atau cumi-cumi yang manusia makan mentah atau setengah matang. Dalam beberapa kasus, infeksi ini diobati dengan penghapusan larva melalui endoskopi atau pembedahan.
 
      v Diphyllobothrium spp
          Diphyllobothrium Latum dan terkait spesies (ikan atau cacing pita lebar), cacing pita yang terbesar yang dapat menginfeksi orang, dapat tumbuh sampai panjang 30 kaki. Sementara sebagian besar infeksi tidak menunjukkan gejala, komplikasi termasuk obstruksi usus dan penyakit kandung empedu yang disebabkan oleh migrasi proglottids. Diagnosa dibuat dengan identifikasi telur atau segmen dari cacing pita dalam sampel tinja dengan mikroskop. Obat yang aman dan efektif yang tersedia untuk mengobati Diphyllobothrium. Infeksi diperoleh dengan makan ikan mentah atau kurang matang, biasanya dari belahan bumi utara (Eropa, negara-negara yang baru merdeka dari Bekas Uni Soviet, Amerika Utara, Asia), tetapi kasus-kasus juga telah dilaporkan di Uganda dan Chile. Ikan terinfeksi larva Diphyllobothrium dapat diangkut ke dan dikonsumsi dalam setiap wilayah dunia. Cukup dengan pembekuan atau memasak ikan akan membunuh parasit.
 
     v Toxoplasma Gondii
Toksoplasmosis dianggap menjadi penyebab utama kematian dikaitkan dengan penyakit bawaan makanan di Amerika Serikat. Lebih dari 60 juta pria, wanita, dan anak-anak di AS membawa parasit Toxoplasma, tapi sangat sedikit memiliki gejala karena sistem kekebalan tubuh biasanya menjaga parasit dari menyebabkan penyakit.
Namun, perempuan yang baru terinfeksi toksoplasma selama kehamilan dan orang dengan sistem kekebalan tubuh berkompromi harus menyadari bahwa toksoplasmosis dapat memiliki konsekuensi parah 
Toksoplasmosis dianggap salah satu Infeksi parasit Terabaikan , sekelompok lima penyakit parasit yang telah ditargetkan oleh CDC untuk tindakan kesehatan masyarakat.  

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.