Wisata Alam - Air Terjun Sipiso-piso

 Air Terjun Sipiso-piso

Air terjun sipiso-piso merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat terkenal di Sumatera Utara, Air terjun Sipiso-piso ini terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo (+/-24km dari kota Kabanjahe).Sipiso-piso memiliki ketinggian 120m atau 800m dari permukaan laut. Sumber airnya berasal dari sungai bawah tanah dari sebuah goa didekat kawah danau toba.

Nama air SIPISO-PISO ini berasal dari bahasa KARO yang berarti PISAU. Hal ini dikarenakan airnya yang mengalir deras membelah bukit tinggi lalu terjun dari atas bukit ke dasar hingga tampak seperti pisau-pisau tajam berwarna putih yang menghantam hingga dasar. Lalu jurang curam yang jika dilihat dari puncak bukit membuat orang setempat menyebutnya PISAU dari TANAH KARO.

Sebagai kabupaten yang berkembang, sektor pariwisata di Tanah Karo menjadi salah satu potensi unggulan yang diharapkan mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD), di samping sektor pertanian. Di sektor ini, Kabupaten Karo memiliki objek wisata yang menarik lainnya, seperti gunung berapi, sumber air panas, kawasan pegunungan, danau, air terjun, rumah tradisional, kebudayaan masyarakat lokal, dan lain sebagainya.

Wisatawan yang datang ke Sipiso-piso tidak hanya dikunjungi masyarakat lokal dan domestik. Tetapi ada banyak wisatawan mancanegara berasal dari Malaysia, Singapura, Prancis, dan Belanda. Bagi wisatawan lokal, panorama di Tongging ini sudah sangat dikenal, malahan ada yang mengatakan kabar ini telah sampai ke seentero dunia karena keindahan alamnya yang menakjubkan.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.